Penjelasan Lengkap Tentang Bagaimana Rambut Bisa Tumbuh dan Tidak

Penjelasan Tentang Bagaimana Rambut Bisa Tumbuh dan Tidak

Penjelasan Tentang Bagaimana Rambut Bisa Tumbuh dan Tidak. Banyak orang ingin rambut mereka tumbuh lebih cepat, dan beberapa akan menghabiskan banyak uang untuk semua jenis krim, gel, dan lotion yang mengklaim dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan sedikit hasil jika ada yang menunjukkan uang tunai yang diperoleh dengan susah payah.

Masalahnya, kamu dapat mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat begitu kamu tahu bagaimana rambut tumbuh dan apa yang dibutuhkannya. Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah mengapa rambut tidak tumbuh secepat yang seharusnya.

Apa yang menghambat pertumbuhan rambut?


Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut dan yang dapat memperlambatnya, menghentikannya sama sekali atau bahkan menyebabkan kerontokan rambut. Ini termasuk yang berikut:

Genetika - jika rambut rontok atau menipis menjalar di keluarga kamu maka kamu bisa mewarisi kecenderungan gen kamu

Kesehatan - beberapa kondisi kesehatan dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan dapat menyebabkan kerontokan rambut termasuk masalah tiroid, anemia, demam tinggi, dan infeksi

Obat - periksa cetakan kecil pada obat yang kamu minum karena ada banyak yang daftar rambut rontok sebagai salah satu efek samping yang mungkin

Bahan kimia - jika kamu peka terhadap beberapa bahan kimia dalam produk rambut kamu mungkin memiliki reaksi yang menyebabkan rambut rontok. Kemoterapi juga dapat menyebabkan rambut rontok total tetapi biasanya akan tumbuh kembali setelah perawatan dihentikan.

Melahirkan - setelah melahirkan, banyak wanita menemukan bahwa rambut mereka menjadi lebih tipis dan rontok dalam jumlah yang jauh lebih besar; ini tidak biasa dan disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Setelah hormon mengendap, rambut harus kembali normal.

Perubahan hormon - ini dapat menyebabkan kerontokan atau penipisan rambut, misalnya selama masa pubertas dan menopause atau jika kamu menderita kelainan hormon.

Stres - stres yang berkepanjangan dan intens, pada kenyataannya setiap keadaan emosional yang meningkat dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan memengaruhi pertumbuhan rambut

Diet - Jika diet kamu kekurangan nutrisi tertentu maka rambut kamu mungkin tidak tumbuh secepat mungkin, kamu mungkin juga menemukan rambut kamu mulai menipis dan rontok jika kamu diet berlebihan

Bagaimana rambut tumbuh


Jika kamu ingin meningkatkan pertumbuhan rambut maka ada baiknya jika kamu memiliki pemahaman tentang bagaimana rambut di kepala kamu tumbuh sehingga kamu dapat memaksimalkan potensi. Rambut tumbuh dalam tiga tahap atau siklus, yang dikenal sebagai Anagen, Catagen dan Telogen.

Anagen

Anagen adalah tahap pertumbuhan di mana folikel rambut di kulit kepala aktif dan rambut tumbuh. Biasanya sekitar 85 persen rambut di kepala kita berada dalam tahap pertumbuhan aktif pada satu waktu sebelum pindah ke dua tahap lainnya. Selama fase Anagen yang rata-rata berlangsung sekitar tiga tahun, rambut tumbuh pada tingkat rata-rata sekitar setengah inci sebulan.

Catagen

Setelah rambut menyelesaikan tahap pertumbuhan, folikel rambut pindah ke fase Catagen di mana ia mengalami perubahan sebelum memasuki fase istirahat. Selama fase katagen, yang berlangsung sekitar tiga minggu, rambut berhenti tumbuh dan folikel menjadi lebih pendek.

Telogen

Ini adalah tahap akhir dari siklus pertumbuhan rambut dan juga disebut fase istirahat. Periode ini berlangsung kira-kira tiga bulan dan pada akhir tahap ini rambut yang beristirahat akhirnya terlepas sepenuhnya dan akan rontok sehingga rambut baru tumbuh. Biasanya sekitar 15 persen rambut berada dalam tahap Catagen atau Telogen pada satu waktu sehingga tidak tumbuh secara aktif.

Karena rambut kita terus-menerus melalui masing-masing dari tiga siklus ini pada waktu yang berbeda, adalah normal bagi kita untuk kehilangan beberapa rambut setiap hari, rambut yang berada pada tahap Telogen akhir. Jumlah rata-rata rambut rontok yang dianggap normal adalah hingga 100 rambut per hari. Jika kamu kehilangan lebih dari ini maka rambut kamu akan rontok lebih cepat daripada yang bisa diganti.

Mempromosikan Pertumbuhan Rambut

OK untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat, kamu perlu mencoba dan memperpanjang tahap pertumbuhan dan untuk melakukan ini, kamu perlu memastikan rambut kamu memiliki semua yang dibutuhkan.

Pastikan diet kamu mengandung semua nutrisi dan vitamin yang tepat sehingga rambut kamu dapat tumbuh sehat dari dalam. Salah satu yang banyak orang tidak sadari adalah pentingnya asam lemak omega 3 esensial untuk pertumbuhan rambut, terutama asam Eicosapentaenoic. kamu dapat menemukan asam lemak ini dalam ikan berlemak dan dalam minyak ikan.

Jaga agar kulit kepala kamu bersih, jernih, dan sehat di luar. Ini berarti menghindari penggunaan sisir yang tajam, bahan kimia yang keras dalam produk rambut, karet gelang, atau apa pun yang akan memberi tekanan pada kulit kepala kamu. Pijat kulit kepala yang teratur akan membantu merangsang folikel dan mendorong kamu untuk rileks.

Terakhir, pertahankan tingkat stres kamu dan luangkan waktu untuk menikmati kegiatan santai karena ini akan membuat kamu merasa segar dan akan meredakan ketegangan. Olahraga adalah bagian penting dari mendorong pertumbuhan rambut yang sehat karena memompa darah ke seluruh tubuh membawa nutrisi ke kulit kepala.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Tentang Bagaimana Rambut Bisa Tumbuh dan Tidak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel